Sunday, November 1, 2015

Pertimbangan Menentukan Nama Usaha

peran penting nama usaha dalam membuka usaha dan mengembangkannya
Nama dalam dunia bisnis atau dalam membangun sebuah usaha adalah strategi pemasaran yang pertama. Memilih nama usaha yang tepat bisa menjadi bagian dari penentu bisnis atau usaha kita akan bertahan atau tidak. Meskipun tidak berpengaruh secara signifikan tetapi nama usaha tetap memiliki peran penting yang tidak bisa dianggap sepele.
Oleh karena itu menentukan nama usaha harus menjadi bagian penting sebelum memulai sebuah usaha atau bisnis. Beberapa pertimbangan yang harus dilakukan dalam menentukan nama usaha yang akan dijalankan menjadi pembahasan kami pada kesempatan kali ini. Pembahasan sebelumnya adalah adalah tentang pertimbangan sebelum menentukan jenis usaha.

Nama usaha adalah sebuah doa

Meskipun pada dasarnya nama usaha tidak bisa disejajarkan dengan nama seorang anak yang akan menjadi doa dan harapan bagi kedua orang tuanya. Tetapi nama sebuah usaha juga akan menjadi doa dan harapan akan perbaikan nasib bagi pelaku usaha. Memilih nama yang baik dan memiliki arti tertentu akan mewakili harapan dari pemilik usaha ke depannya.

Nama usaha adalah identitas

Selain arti yang terkandung dalam sebuah nama dan harapan besar yang dititipkan oleh pemilik pada nama usaha yang dibangunnya. Nama sebuah usaha juga harus memiliki keunikan dari nama-nama usaha lain yang sejenis maupun tidak sejenis. Bisa dibayangkan jika dua atau lebih usaha sejenis memiliki nama yang sama maka konsumen akan mengira itu adalah satu pemilik usaha yang memiliki cabang di beberapa tempat.
Artinya ketika disuatu tempat dengan jenis usaha dan nama yang sama baik dalam pelayanan maka usaha yang kita jalankan akan baik tetapi sebaliknya ketika di tempat lain ada nama dan usaha yang sejenis memiliki reputasi buruk maka sudah dipastikan usaha kita pun akan menjadi buruk. Oleh karena itu memilih nama haruslah berbeda dengan nama lain, tetapi doa dan harapan harus tetap tertanam di dalamnya.

Nama usaha adalah strategi pemasaran

Benarkah nama memegang peranan dalam pemasaran? Hal ini tentunya akan menjadi perdebatan panjang apabila ingin dipermasalahkan. Tetapi kami tidak ingin mempermasalahkannya tidak tahu dengan anda? Alasan kami mengapa nama memegang peranan penting dalam pemasaran. Alasan kami adalah sebagai berikut:
  1. Nama adalah hal pertama yang akan diingat ketika orang berbicara tentang produk yang kita pasarkan. Ketika nama tidak unik atau tidak memberikan kesan apa-apa maka kemungkinan besar pelanggan akan cepat lupa.
  2. Nama yang unik akan memberikan daya tarik tersendiri kepada calon pelanggan. Misalnya anda menjalankan sebuah usaha yang di sekitar tempat anda sudah ada usaha sejenis tetapi memiliki nama yang kurang unik. Maka apabila calon pelanggan tersebut adalah pelanggan baru atau belum pernah membeli produk sejenis dari usaha yang anda jalankan. Orang tersebut akan memilih nama yang unik untuk dikunjungi terlebih dahulu.
  3. Nama unik adalah salah satu keseriusan anda dalam memulai sebuah usaha. Taruhlah misalnya anda memasarkan produk anda dengan menggunakan sebuah brosur. Anda bisa menggunakan keunikan nama anda untuk menarik pelanggan, pada brosur pemasaran produk biasanya terdapat profil dari perusahaan di situlah anda berkesempatan untuk menjelaskan harapan dan doa-doa anda yang diwakili oleh nama yang anda buat. Penjelasan tentang nama tersebutlah yang akan menarik minat pelanggan untuk mengunjungi usaha anda.
Apapun alasannya nama tetaplah sebuah nama. Sebuah kata sederhana yang entah akan terus diingat atau hanya berlalu begitu saja seiring hembusan angin persaingan usaha yang menggerus keberadaan usaha kita atau tetap kuat bertahan sampai badai berlalu. Pikirkanlah nama usaha anda dengan baik dari awal. Buatlah nama nama usah yang akan melegenda, menjadi catatan sejarah kesungguhan anda dalam membangun usaha.

5 comments:

  1. pertimbangan didalam menentukan nama usaha hampir mirip dengan menentukan nama anak yamas.
    perlu pemikiran yg matang

    ReplyDelete
  2. apalagi saat ini semakin banyak saingan,sehingga nama yg diincer kemungkinan sudah dipake oleh jenis usaha yg sama milik orang lain yamas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya begitu mas, karena melakukan perubahan nama saat usaha sudah berjalan bisa berefek pada kunjungan konsumen... apalagi kalau perubahan nama dilakukan bersamaan dengan perpindahan tempat. Jadi, sebaiknya cukup satu kali dibuat meskipun tempat harus berpindah-pindah

      Delete
    2. betul juga mas.
      bisa hilang pelanggan kita bila gonta ganti nama.bisa dianggap nggak bonafit lah,nggak dapat dipercaya dan lain2

      Delete
    3. Iya mas, dan kepercayaan pelanggan itu adalah salah satu kunci kesuksesn menjalankan usaha

      Delete